Selasa, 10 Januari 2012

Koloke Ayam

Taraaaaa…

Ini nama baru yang saya kasih untuk menu baru setelah dari acara syukuran pencapaian target kerja kantor. Syukurannya di WIsata Jamur deket kantor situ, menunya enak2. Alhamd barokah…

Saya pesen orak arik jamur dan nasi goring pattaya. Pas pulang saya mbungkus untuk Nin dan abina koloke ayam dan bakso jamur. Hm, yang bakso jamur di luar perkiraan saya niy.
Saya pikir baksonya dari jamur, eh ternyata cumin kuahnya saja yang jamur. Baksonya tetep daging sapi. Kalo gitu saya insya Allah bisa lah… kan sering2nya jamur juga saya masak kuah saja.

Nah menu kedua, koloke jamur ayam. Pas saya makan kriyuk dan kuahnya enak. Macam kuah asam manis gitu. Di dalamnya ada potongan nanas, Bombay yang agak kasar, timun kecil. Nah besoknya saya liat FB mbak Dewi juga buat koloke ayam. Bertanyalah saya pada mbak Dewi resepnya, coz saya hanya meraba2 tentang resep saosnya.

Nah ini dia koloke ayam yang saya buat :

Ayam fillet dipotong kecil2 atau potong dadu lebih mudahnya (tentang porsi bisa diperhitungkan sendiri)
Ayam fillet digoreng tepung (campuran tepung tapioca, terigu *saya agak lupa :P*)
Lalu sausnya juga mudah. Siapkan saja bawang Bombay, tepung maizena, air, wortel, mentimun, kacang kapri, jagung manis. Atau bisa diganti dengan sayur/buah lainnya sesuai selera.

Tumis Bombay hingga harus dan beri air untuk merebus wortel dan jagung biar agak empuk. Kalo saya memang lebih suka wortel yang setengah mateng, jadi zat wortel ga ilang2 amat. Lalu siapkan juga satu sendok maizena dengan air untuk membuat saus agak kental.

Setelah wortel setengah matang, masukkan tu maizena dan air. Tentang keenceran dan kekentalannya bisa disesuaikan dengan kesenangan masing2.

Jadi dehhh….
Koloke ayam saus wortel. Hihihihi. Namanya mekso banged yah! :D:P

Kalo ada yang punya resep enak, boleh share disiniiii… Trima kasih.
HIDUP MASAKAN RUMAH!! :P:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar